Inilah 5 Tips Dalam Memilih Sekolah Kedinasan Terbaik Di Indonesia


Sekolah kedinasan banyak menjadi incaran kawula muda karena berbagai keuntungan yang ditawarkan. Sekolah kedinasan biasanya bebas biaya alias gratis dan ada jaminan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pegawai BUMN setelah lulus.

Cukup banyak bukan keuntungannya, wajar saja kalau persaingannya juga ketat. Oleh karena itu, kalian yang tertarik masuk sekolah kedinasan harus teliti dan penuh perhatian saat memilih sekolah yang diinginkan. Lalu, apa saja yang harus kalian persiapkan saat mendaftar sekolah kedinasan?

Dibawah ini adalah beberapa tips tepat dalam memilih sekolah kedinasan terbaik yang ada di Indonesia. Mari kita simak bersama-sama.

  • Baca Teknis Pendaftaran Via Situs Resmi Dengan Teliti

Sekolah kedinasan terbaik biasanya selalu memiliki website resmi untuk pendaftaran ataupun penyampaian informasi kepada siswanya. Melalui situs tersebutlah kalian bisa mendaftar dengan mudah melalui aturan yang telah ditetapkan.

Oleh sebab itu, tips memilih sekolah kedinasan yang pertama adalah, jangan buru-buru mendaftar karena kalian harus melihat satu persatu dokumen dan persyaratan apa saja yang harus disertakan saat pendaftaran. Ada baiknya kalian persiapkan terlebih dahulu semua dokumen tersebut dalam bentuk digital sebelum melakukan pendaftaran online.

  • Cari Informasi Lengkap Setiap Sekolah Kedinasan

Hal penting lainnya yang harus kalian siapkan sebelum memilih sekolah adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai keadaan masing-masing sekolah atau kampus. Misalnya nih, kalian harus cari informasi terlebih dahulu jurusan yang tersedia di setiap sekolah kedinasan, pastikan jurusan tersebut sesuai dengan bakat dan minat kalian.

Kalian juga harus mencari tahu bagaimana proses seleksinya, kemudian keadaan kampus sehari-harinya. Jadi, tips memilih sekolah kedinasan yang ke dua adalah dapatkan informasi terpercaya mengenai sekolah kedinasan yang kalian inginkan dari sumber yang valid, misalnya dari website kampus.

  • Catat Baik-Baik Jadwal Tes

Setelah kalian lolos seleksi administrasi, maka tahapan selanjutnya antara lain adalah tes akademik, tes psikologi, tes wawancara, dan tes kesehatan. Semua tes tersebut jadwalnya berbeda-beda. Simpan semua jadwal tes tersebut di kalender telepon genggam kalian dan buatlah pengingat untuk jadwal tes tersebut supaya kalian tidak lupa.

  • Siapkan Fisik

Perlu diketahui bahwa beberapa sekolah kedinasan juga memiliki yang namanya tes fisik. Hal ini dapat dimaklumi karena menjalani masa ikatan dinas itu tidak mudah, Departemen dan BUMN terkait pastinya menginginkan staf yang kuat jasmani dan rohani apalagi saat mereka ditempatkan di daerah yang terpencil jauh dari perkotaan.

Betul, saat kalian lulus sekolah, kalian harus bersedia ditempatkan di mana saja karena kalian adalah abdi negara dan bertugas untuk melayani publik.

Jadi, tips memilih sekolah kedinasan selanjutnya adalah mulailah berolahraga secara teratur, seperti lari pagi dan olahraga ketahanan fisik lainnya supaya kalian bisa melalui tes fisik sekolah kedinasan yang kalian tuju. Apabila kalian tidak menyukai tes fisik, ada baiknya kalian memilih sekolah kedinasan yang hanya mensyaratkan tes kesehatan.

  • Mantapkan Hati

Memantapkan hati adalah tips yang paling utama dalam pembahasan kali ini. Seperti namanya, setelah lulus dari sekolah dinas, kalian akan terikat masa dinas selama beberapa tahun. Ijazah kalian akan ditahan oleh Departemen atau BUMN terkait selama masa dinas itu berlangsung.

Apabila kalian memutuskan berhenti dari ikatan dinas, maka kalian akan dikenakan denda yang cukup besar. Maka dari itu, mantapkan hati kalian sebelum memilih sekolah kedinasan yang tepat. Terlebih saat ini, menurut peraturan yang baru, kalian hanya bisa mendaftar di satu sekolah kedinasan saja setiap kali pendaftaran.

sumber:
https://www.gurupendidikan.co.id/

Leave a Comment